Sejarah

You are here: Home » Sejarah

Sebelum tahun 2005 Universitas YARSI memiliki lembaga penelitian dan pengabdian pada masyarakat (LPPM) yang berada dalam garis koordinasi rektorat. Namun sejak bulan Agustus 2005, LPPM ini dilebur ke dalam struktur organisasi dimana ketuanya dijabat oleh wakil rektor bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat (warek II) di tingkat universitas. Sedangkan di tingkat fakultas bidang penelitian dan pegabdian pada masyarakat di bawah struktur wakil dekan II (wadek II). Hal ini sesuai dengan adanya perubahan statuta yayasan merujuk kepada statuta tahun 2005. Berdasarkan statuta yayasan ini, wakil rektor terdiri dari wakil rektor I, membidangi pendidikan, mahasiswa, dan alumn, wakil rektor II membidangi penelitian dan pengabdian pada masyarakat, wakil rektor III membidangi jaminan mutu dan SDM.

Tahun 2009, terjadi lagi perubahan statuta, dimana bidang pengabdian pada masyarakat dipisah dari bidang penelitian, sehingga wakil rektor II dan wakil dekan II membidangi penelitian dan publikasi ilmiah, sedangkan bidang pengabdian pada masyarakat diberikan kepada wakil rektor III.

Tahun 2013, sesuai dengan peraturan dari direktorat penelitian dan pengabdian pada masyarakat, diperlukan unit lembaga penelitian yang di SK kan oleh yayasan. Maka pada tanggal …… dikeluarkan SK yayasan nomor….. tentang pendirian lembaga penelitian Universitas YARSI (LP UY).  LP UY ini diketuai oleh ex officio wakil rektor II, yang dalam garis koordinasinya dibantu oleh wakil-wakil dekan II.

LP UY bertempat di lantai 11 Menara YARSI dan sesuai dengan peraturan pemerintah, LP UY ini merupakan lembaga yang menjadi tempat untuk mengelola penelitian secara administratifnya, maupun untuk fasilitas-fasilitasnya, termasuk di dalamnya adalah laboratorium riset terpadu dan fasilitas laboratorium e-health. Dengan demikian universitas YARSI sudah memiliki lembaga penelitian yang sudah terstruktur dan terorganisir dengan baik.